Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tindakan Ekonomi, Ciri-Ciri Dan Contohnya

Ibu berbelanja untuk memenuhi kebutuhan kita yaitu, makan. Ibu selalu menyajikan menu yang bervariasi, bukan? Kadang lauk ikan, ayam, ataupun tempe. Ibu juga menyesuaikannya dengan uang yang diberikan oleh Ayah. Mungkin pada awal bulan Ibu bisa saja menyediakan lauk daging, tetapi mendekati akhir bulan Ibu menggantinya dengan lauk tahu atau tempe.


Selain agar ada variasi dalam menu makanan ibu juga memikirkan keuntungan lain. Jika uang untuk membeli daging digunakan untuk membeli ayam atau tahu dan tempe, mungkin ada sisia uang. Karena harga ayam, tahu, dan tempe lebih murah dibandingkan harga daging. Sisa uang tadi dapat ibu belanjakan lauk atau sayuran lain ataupun digunakan untuk membeli kebutuhan lain.

Pada kondisi seperti itum kita harus mengambil tindakan ekonomi. Jika kita akan mengambil suatu tindakan ekonomi, berarti kita akan mengambill tindakan yang kita anggap paling menguntungkan dari beberapa pertimbangan yang ada. Jadi, apa yang dimaksud dengan tindakan ekonomi?
Tindakan Ekonomi adalah suatu perbuatan yang dilakukan melalui pertimbangan yang rasional atau dengan perhitungan dalam menentukan suatu pilihan dari beberapa kemungkinan.



(Baca Juga : Menjelaskan, Pengertian, & Contoh Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi (Homo Economicus) )

Post a Comment for "Pengertian Tindakan Ekonomi, Ciri-Ciri Dan Contohnya"