Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pertentangan atau Konflik, dan Bentuk-Bentuk Pertentangan

Pertentangan adalah proses interaksi sosial, di mana beberapa individu atau kelompok berusaha memperoleh sesuatu yang diinginkan dengan cara menekan, menghancurkan, atau mengalahkan pihak lawan dengan ancaman kekerasa. Misalnya, seseorang yang ingin memperoleh uang dalam jumlah banyak dalam waktu singkat melakukan perampokan dengan kekerasan. Orang yang dirampok terjadi pertentangan atau konflik.



Beberapa bentuk dari sebuah Pertentangan, sebagai berikut :

1. Pertentangan pribadi. Pertentangan ini terjadi di antara individu yang satu dan individu yang lain dan dapat menimbulkan kebencian. Misalnya, pertentangan yang terjadi diantara kamu dan temanmu.

2. Pertentangan rasial. Sumber pertentangan ini adalah adanya perbedaan ciri-ciri fisik. Misalnya, antara kulit hitam dan kulit putih di Amerika Serikat.

3. Pertentangan antara kelas-kelas sosial, umumnya disebabkan oleh adanya perbedaan-perbedaan kepentingan. Misalnya, antara pengusaha dan buruh.

4. Pertentangan politik. Pertentangan ini dapat terjadi di antara golongan yang satu dan golongan yang lain atau di antara negara-negara yang berdaulat.

5. Pertentangan yang bersifat internasional. Pertentangan ini dapat disebabkan oleh adanya kepentingan yang lebih luas dan menyangkut kepentingan nasional serta kedaulatan masing-masing negara.


(BACA JUGA : Pengertian Persaingan, Contoh & Dorongan Persaingan)
(BACA JUGA : Pengertian & Perbedaan Sosialisasi Primer dan Sekunder)

Post a Comment for "Pengertian Pertentangan atau Konflik, dan Bentuk-Bentuk Pertentangan"