Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Produk kerajinan dan Penjelasan Kerajinan Tekstil

Kerajinan merupakan bagian yang tidak dapat lepas dari kehidupan manusia karena dengan adanya kerajinan, manusia dapat menghasilkan berbagai produk yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa sehingga Indonesia sangat kaya dengan berbagai jenis kerajinan. Salah satu produk kerajinan yang sangat banyak dijumpai adalah kerajinan tekstil.

Kerajinan tekstil dibuat dengan bahan dasar berupa serat, baik serat alami yang berasal dari tumbuhan dan hewan, maupun serat buatan atau sintetis. Selain itu, ada pula serat yang dibuat dari bahan tambang jenis asbes dan logam. Proses pembuatan benang menjadi produk tekstil dilakukan dengan cara menenun. Menenun merupakan salah satu teknik pembuatan kain pertama yang diketahui umat manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi, tenun kini dibuat dengan cara yang modern.

Pada prinsipnya, Menenun adalah kegiatan menganyam benang lungsi (warp) dan benang pakan (weft) dengan saling bersilangan sehingga menghasilkan suatu jalinan yang kuat. Alat yang digunakan untuk menganyam bahan tekstil adalah mesin tenun. hasil tenunan tersebut kemudian akan menghasilkan kain. Kain yang sudah jadi kemudian dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Batik Indonesia mempunyai makna simbolis yang menjadi identitas rakyat Indonesia. Semenjak tahun 2009, batik Indonesia telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia. Hal ini membuktikan bahwa batik telah mendapatkan pengakuan internasional sebagai karya kerajinan yang sangat tinggi nilainya.


(Baca Juga : 4 Periode Proses Evolusi Bumi )
(Baca Juga : Penjelasan Terbentuk Bumi atau Alam Semesta Ini)
(Baca Juga : Penjelasan, Pengertian Pelanggaran HAM & Contohnya)

1 comment for "Pengertian Produk kerajinan dan Penjelasan Kerajinan Tekstil "